Tips Mengatasi Demam Panggung

Demam panggung biasanya sangatlah merugikan bagi seseorang yang sering berbicara pasanlnya dapat menurunkan daya ingat yang sebelumnya sudah direancang.
Pembicara.
Pada umumnya, apapun yang berhubungan dengan panggung ‘biasanya’ ada sebuah pola yang membuat si Pelaku tersebut merasa Nervous / Grogi, istilah kerennya Demam Panggung. Entah itu Penyanyi, Pembicara, Pemateri, Pemuka Agama dan apapun yang berhubungan dengan panggung bisa dipastikan selalu mengalami hal ini.
Bagaimana cara mengatasinya?
Banyak cara dan metode yang dilakukan, tapi disini aLe akan membagikan Trik yang biasa aLe lakukan, jadi ini adalah sebuah pengalaman dan bukan sekedar teori. Dan Trik ini Alhamdulillah Terbukti Berhasil.

Trik 1. Diam Sejenak.
Ini adalah Trik Paling Dahsyat yang pernah aLe lakukan dan selalu berhasil. Dan yang penting Trik ini sangat mudah untuk dilakukan.
Caranya Le?
Diam sejenak. Just it!
Cuma diam saja Le? Gak lah
Setelah moderator memperkenalkan dan mempersilahkan kita, disitulah kita mulai melakukan aksinya. Diam dan pandangi seluruh peserta dari ujung ke ujung. Tentunya dengan proporsi waktu yg tidak lama dan dengan pandangan yang normal  *jangan kedip² ; apalagi melirik mesra :P*
Trik 2. Salam Dua Kali
Trik ini dapat dilakukan jika saat salam pertama hanya dijawab oleh sedikit orang misalnya ada 50 peserta dan yang menjawab salam hanya 5 atau 10 orang saja, maka lakukanlah trik ini.
Dari kedua Trik diatas, mudahnya adalah kita mencoba ‘mengulur’ waktu selama masih dalam kondisi demam panggung tadi.
Tidak hanya itu, Trik 1 dan 2 mampu mengendalikan kondisi peserta sedang ricuh atau tidak kondusif.
Trik 1 misalnya, seharusnya setelah diberi kesempatan si pembicara pada umumnya langsung bicara, tapi ini malah diam dan ‘seolah’ memandang semua peserta. Hal tersebut juga akan membuat peserta lebih fokus. Kalau Trik 2 ini juga membuat peserta lebih fokus, karena syaraf respon mereka diajak untuk berinteraksi.



Baca juga yang ini:

1 komentar:

Unknown mengatakan... Selasa, 21 Februari 2012 pukul 10.56.00 WIB

Thanks utk tips nya. oh ya, saya ingin mengundang Anda untuk mengunjungi blog saya di www.duckcaptaincommunity.blogpsot.com dan follow back ya serta berikan juga komentar kamu...

Berkomentarlah yang bijak tanpa Spam!

Silahkan berkomentar untuk menyampaikan kritik, saran, atau hanya sekedar blogwalking di blog saya..