Syababun Ba'alawi Tim Hadroh Nurul Musthofa

Dari judul diatas sobat sudah bisa menyimpulkan bahwa postingan kali ini ada hubungannya dengan Nurul Musthofa. Tapi yang menjadi pertanyaan apa itu Syababun Ba’alawy, nah disini saya akan menjelaskan sedikit tentang Syababun Ba’alawy.

Ketika saya belum terlalu mengenal dengan nurul musthofa saya pernah mendengarkan muqoddimah Habib Hasan Bin Ja’far Bin Umar Bin Ja’far Assegaf yang menggunakan bahasa arab dalam muqoddimanhya itu ada sebuah kata yang membuat saya penasaran yaitu “Syababun Ba’alawy” tapi lambat laun ketika saya sudah mengenal nurul mustofa saya baru menyadari bahwa itu adalah nama tim hadroh nurul musthofa. Saya kurang mengetahui dari mana asal kata Syababun Ba’alawy tetapi yang pernah saya dengan syababun ba’alawy berasal dari nama saudara atau masih satu keturunan dengan habib hasan bin ja’far entah itu kakek nenek atau pamannya (kalo salah mohon dibenarkan).


Yang membendakan tim hadroh nurul musthofa dengan tim hadroh lain adalah ‘rumus’ pukulan hadroh nurul musthofa (Syababun Ba’alawy) dengan tim hadroh lain yang pernah saya dengar,  ketika di rumus kedua pukulan itu menurut saya adalah ciri khas dari syababun ba’alawy. Perbedaan yang ke dua yaitu pada Bass yang digunakan syababun ba’alawy, bass yang digunakan besar-besar sampai orang yang memukulnya tidak terlihat tertutup oleh bass itu hehe. Perbedaan ketiga yaitu pukulan bassnya yang membuat ingin selalu bergoyang karena variasinya kadang mirip seperti ‘dangdut’ *itu menurut teman-teman saya* ketika suatu qosidah dilantunkan dengan menggunakan hadroh saja jamaah hanya ikut membaca solawat yang dinyanyikan tepati ketika bass mulai dipukul, biasanya ketika syair pertama dinyanyikan (tergantung solawatnya) jamaah tidak hanya ikut bersolawat tapi juga bergoyang mengikuti alunan bass yang dipukul. Perbedaan ke empat yaitu setiap acara atau event syababun ba’alawy selalu menggunakan baju yang berbeda tapi tetap kompak dalam warna.

Dari hadoh sekarang saya akan membahas vocalis, vokalis memang sangat berperan aktif dalam sebuah tim hadoh nah Nurul Mustofa sangat beruntung termasuk saya sangat bersyukur bisa mendengarkan suara Bang Jamal (vocalis utama Syababun Ba’alawy) suaranya sangat merdu, ‘garing’, dan tinggi dalam melantuntan solawat. Saya pernah mendengar Habib Hasan berkata waktu Nurul Musthofa menggelar acara tabligh akbar di monas “saya bersyukur mempunyai vocalis kaya si Jamal” waktu itu habib hasan berkata sambil bercanda. Suara bang Jamal terdengar sangat merdu ketika menyanyikan Muqoddimah Ya’ala Baitinnaby dan solawat-solawat yang lain. Saya sampai tidak bosan-bosan mendengarkannya karena dia menyanyikan dengan suara yang tinggi dan semua solawat yang dia nyanyikan enak di dengar. Vocalis kedua yang suaranya ‘ngebass’ didengar juga sangat merdu karena vocalis kedua membantu vocalis pertama dan menyelelaraskan suara, saya kurang mengetahui siapa namanya beliau yang selalu berada disamping bang Jamal. Ada juga vocalis ketiga suaranya memang kurang terdengar karena lebih tinggi suara bang jamal tapi tetep keren. Vocalis keempat dan kelima yaitu seorang anak kecil yang mempunyai suara ‘emas’ karena suara mereka berdua sedikit lebih tinggi dari bang jamal dan sangat nyaring didengarnya mungkin suatu saat nanti mereka berdua menjadi penerus vocalis Syababun Ba’alawy. Amiin

Jika ada kesalahan kata mohon maaf dan jika ingin menambahkan silahkan berkomentar dibawah.



Baca juga yang ini:

7 komentar on Syababun Ba'alawi Tim Hadroh Nurul Musthofa :

vy yahanu yahanu mengatakan... Selasa, 10 April 2012 pukul 20.30.00 WIB

untuk yang pnya blogs, maaf itu dapat logo darimana...?
itu logo SB masih yang editan lama...
privasi lewat email aj
gandasturi7@gmail.com
gandasturi7@yahoo.com

Asep Alazhari mengatakan... Selasa, 08 Mei 2012 pukul 15.14.00 WIB

@vy yahanu yahanu: makasi sob untuk masukannya, udah tambah logo lagi..

Unknown mengatakan... Kamis, 31 Mei 2012 pukul 10.22.00 WIB

ASSALAMU'ALAIKUM....

wan ana boleh minta kunci pukulan hadroh SYA'Babun Ba'Alawy ngga????

Asep Alazhari mengatakan... Jumat, 15 Juni 2012 pukul 13.50.00 WIB

@rismunie ikhsan: waalaikum salam wr.wb
kirim email aja sob ke sodara vy yahanu yahanu komentar di atas dia personil syababun baalawi..

syahrisyabani mengatakan... Sabtu, 06 April 2013 pukul 10.09.00 WIB

ASSALAMUALIKUM WR.WB
wan,ane mau tau pukulannye YA MAULIDAH MUSTHOFA???

Unknown mengatakan... Kamis, 15 Desember 2016 pukul 05.16.00 WIB

Vokalis kedua yg suara nya ngebas bang oji

GalihRaka.S mengatakan... Kamis, 27 Juni 2019 pukul 16.31.00 WIB

Vokalis kedua ustadz Fahrurozi,yg anak kecil Haikal Sahil sama Haidar klo gak salah

Berkomentarlah yang bijak tanpa Spam!

Silahkan berkomentar untuk menyampaikan kritik, saran, atau hanya sekedar blogwalking di blog saya..