Pengalaman Blog ini Terkena Malware

Setelah beberapa hari ‘menggalau’ karena banyak masalah dan tugas-tugas sekolah saya lebih ‘digalaukan’ lagi gara-gara “Malware”, yah itulah sebuah kata yang mungkin sangat ditakutkan oleh pengguna computer apalagi pengguna website/blog. Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar apa itu malware karena sobat bias googling sendiri *hehe

Statistik Penurunan Pengunjung

Pada tanggal 10 November 2011 tepatnya hari pahlawan ketika saya cek statistic blog ternyata eh ternyata grafik menunjukkan penurunan drastis, saya pun bingung apa yang menyebabkan penurunan pageviews ini padalah Biasanya dalam sehari tidak kurang 500-an pageviews perhari maklum masih newbie jadi pengunjung yang dating belum sampai ribuan perhari. Lanjut cerita, saya tahu pasti ini ada yang bermasalah dengan mesin pencari (google adalah andalan saya) karena blog saya banyak pengunjung dari google. Setelah saya mengetikkan sebuah kata kunci di google saya dikejutkan oleh sebuah kalimat pemberitahuan kepada visitor bahwa blog saya itu berbahaya kurang lebih kalimatnya seperti ini “situs ini mungkin dapat merusak perangkat anda” kalimat itu berada dibawah hasil pencarian blog saya waktu itu saya hanya mengecek via handphone karena saya belmu sempat via PC karena disibukkan dengan persiapan UN dan Try Out maklum saya sudah kelas 12 SMA. *promosi* 





Tidak berlama-lama saya langsung googling untuk mencari tahu apa yang menyebabkan kenapa blog saya bias seperti itu. Dannnn yah Malware lah yang menyebabkan google membuat peringatan itu untuk blog saya hri itu juga saya mencari solusi agar blog saya cepat kembali seperti semula. Baru setelah 5 hari setelah blog saya terkena malware saya dapat mengatasinya.

Banyak memang penyebab suatu blog di ‘cap’ google sebagai situs yang berbahaya namun rata-rata ada sebuah link atau Script yang dianggap berbahaya oleh google, master blogger menyarankan agar menggunakan agar mengatasinya menggunakan Google webmaster. Setelah bolak-balik do google webmaster akhirnya saya menemukan masalah pada blog saya yaitu di halaman Safe browsing Diagnostik dihalaman itu memberitahukan bahwa terdapat 2 link yang berbahaya yaitu fr**backl*nk.co.cz dan 1000backl*nk.co.cz note: disetiap blog atau website berbeda link atau script yang bermasalah jadi 2 link diatas yang bermasalah di blog saya.

Hari into juga saya langsung menghapus script yang berhubungan dengan 2 link tersebut setelah beres dengan script saya langsung masuk halaman webmaster lagi untuk memberitahukan kepada google bahwa blog saya sudah aman halaman tersebut berada di webmaster > Diagnostik > Malware dihalaman tersebut kita disuruh memberi komentar dan memberi tanda centang bahwa blog kita telah terbebas dari script berbahaya menurut stopbandware.org.

Setelah menunggu beberapa jam akhirnya blog saya kembali lagi dengan aman. Itulah sedikit pengalaman blog saya terkena malware jika sobat mempunyai pengalaman atau masalah dengan malware diblog silahkan berkomentar.




Baca juga yang ini:

16 komentar on Pengalaman Blog ini Terkena Malware :

Alvi Syahrin mengatakan... Sabtu, 19 November 2011 pukul 18.10.00 WIB

Wow 500 kunjungan per hari banyak banget. :O

Asep Alazhari mengatakan... Sabtu, 19 November 2011 pukul 22.36.00 WIB

@alvin: iya sob rata2 perhari pengunjung 500-600an, pas kena malware paling banyak 10 visitor perhari..

thomp mengatakan... Jumat, 25 November 2011 pukul 07.58.00 WIB

Mantab gan Info nya....
salam kenall ya

Asep Alazhari mengatakan... Selasa, 29 November 2011 pukul 11.40.00 WIB

@thomp: salam kenal juga gan, makasi atas kunjungannya..

Rina As mengatakan... Senin, 05 Desember 2011 pukul 07.34.00 WIB

Script auto backlink memang riskan terdetect malware..
Nice share agan..

Anonim mengatakan... Senin, 05 Desember 2011 pukul 12.57.00 WIB

500 visitor per hari atau 500 page view?
capedeh.
alexa rank aja masih 7 juta
mana mungkin pengunjungnya 500 visitor per hari?

boong lu

Asep Alazhari mengatakan... Selasa, 06 Desember 2011 pukul 09.19.00 WIB

@Rina as: sama-sama gan..
@Anonim: makasi atas reviewnya, nanti saya akan ganti mksud saya page view,
kalo masalah alexa rank yg msh 7jta itu karena saya baru paasang 2 minggu yg lalu jdi memang sangat jauh mudah2 dpt peningkatan..

Widiastuti mengatakan... Senin, 12 Desember 2011 pukul 11.47.00 WIB

Saya juga mengalami hal yang sama...
tolong dijelaskan cara mengatasinya seperti apa...
di atas agan mengatakan mengatasi malware dengan cara menggunakan Google webmaster.

tolong dijelaskan lebih rinci lagi...

Terima Kasih

Widiastuti mengatakan... Selasa, 13 Desember 2011 pukul 22.10.00 WIB

Komentar ku di jawab dong gan :D :D :D ...
soalx blog ku masih seperti itu...
masih kurang ngerti neh...

Thanks before..^^

Asep Alazhari mengatakan... Selasa, 13 Desember 2011 pukul 22.40.00 WIB

@Widiastuti: maaf baru bisa bls, jadi *kalo cara saya*
1. kk ketik digoogle apa saja yg pnting bsa ketemu web kk
2. Kalo udah ketmu msuk ke webnya nh pasti disitu google ngalihin ke halaman khusus klo web kk kena perangkat seperti screenshot saya yg ke2 diatas, klik Safe browsing Diagnostik dibawah laman tersebut. Nanti kk bakalan dkasih tau script/link mana yg nyebabin web kk terkena malware.
3. kalo udah tau linknya cpt2 hapus dihtml/widget web kk
4. Kalo udh ketmu+dihapus laporin kegoogle klo web kk udh aman caranya: masuk ke google webmaster > Diagnostik > Malware
5. Nah disitu ada form warma kuning kita hanya disuruh berkomentar tentang msalah kita jangan lupa tanda centang ketentuannya.
6. Setelah semuanya selesai tunggu 48 jam *kalo blog saya hanya 24 jam*
semoga dpt membantu..

Anonim mengatakan... Minggu, 15 Januari 2012 pukul 19.54.00 WIB

MANTABS.. THANKS BOS.. BLOG ANE SUDAH NORMAL.. HUFT

Asep Alazhari mengatakan... Minggu, 15 Januari 2012 pukul 21.29.00 WIB

bagus kalo gitu sob, semoga ga terjadi lagi sob..

PIEBIE mengatakan... Rabu, 25 Januari 2012 pukul 21.07.00 WIB

Wiiiiih gaan brbahaya ntu, kq bisa gitu ya........ Wassalam. kunjungi balik yuaaaaaaaaaaaaa.

Anonim mengatakan... Sabtu, 18 Februari 2012 pukul 15.03.00 WIB

BOS BARUSAN BLOG SAYA KENA KAYAK GITU JUGA.
TAPI DI WEBMASTER, AMAN-AMAN SAJA.

MOHON PENCERAHANNYA DONG !!!!

BTW INI BLOG SAYA=
www.dasar-dasar-ilmu.blogspot.com

Widiari mengatakan... Selasa, 21 Februari 2012 pukul 09.28.00 WIB

ngek.. punya gue juga gitu... kali ini di sabotase oleh avira... gimana yah?.. http://www.widiari.co.cc ...

di utik utik blm nemu juga

Asep Alazhari mengatakan... Minggu, 11 Maret 2012 pukul 18.24.00 WIB

@Widiari: kalo boleh tau masalahnya kaya gimana??

Berkomentarlah yang bijak tanpa Spam!

Silahkan berkomentar untuk menyampaikan kritik, saran, atau hanya sekedar blogwalking di blog saya..