AFTA 2015: Analisis SWOT Karyawan PT. HUTCHISON INDONESIA


AFTA (ASEAN Free Trade Area) merupakan kesepakatan dari negara–negara di ASEAN untuk membentuk sebuah kawasan bebas perdagangan. Tujuannya yaitu agar bisa meningkatkan daya saing ekonomi kawasan ASEAN di dunia. Harapannya, jika AFTA ini sukses, maka, ASEAN bisa menjadi kawasan basis produksi di dunia.

Perjanjian perdagangan bebas AFTA dicetuskan ketika terjadi pertemuan tingkat Kepala Negara ASEAN atau SEAN summit ke-4, yang dilakukan pada tahun 1992. Pada pertemuan itu para kepala negara mengumumkan akan membentuk sebuah kawasan perdagangan bebas di ASEAN dalam jangka waktu 15 Tahun. Kalau dihitung seharusnya akan efektif berjalan secara penuh pada tahun 2007. Namun kenyataanya, AFTA ini akan aktif pada tahun 2015, yaitu menjadi 22 tahun kemudian.

ANALISA SWOT

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. 

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik SWOT, dimana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths) mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.

Analisis SWOT Karyawan PT. HUTCHISON

TRENGTH (KEKUATAN)
WEAKNESS (KELEMAHAN)

· Karyawan yang kompeten akan meng-create bisnis melalui proses blendlearning yaitu pengikatan sumber-sumber daya pada proses learning dengan pembelajar (learning organization).
·   Penerapan kerangka dan kinerja GCG yang didalamnya terdapat penghargaan dan pengakuan terhadap kompetensi karyawan.
· Karyawan diberikan pemahaman tentang Tata Nilai dan Etika Bisnis melalui pengiriman materi sosialisasi dan assessment yang dilaksanakan setiap tahun.
· Memiliki Etika Bisnis yang merupakan standar perilaku perusahaan, karyawan dan pihak yang berhubungan dengan perusahaan.
· Adanya evaluasi dan monitor terhadap pencapaian kinerja GCG membuat Hutchison Group dipandang sebagai salah satu benchmark bagi perusahaan lain.
· Memiliki sebuah organisasi perusahaan yang merupakan wadah bagi perjuangan para karyawan PT. Hutchison, yaitu Serikat Karyawan Hutchison  (disingkat Sekar Hutchison).


·    Jumlah karyawan yang terlampau besar sehingga kurang efisien dan boros dalam anggaran untuk gaji karyawan.

· Terbebani dengan peraturan dan regulasi sehingga lamban dalam mengambil keputusan.

· Intervensi pemerintah membuat Hutchison tidak dapat bersikap dinamis dengan perubahan pasar.

· Pelayanan yang kurang baik, operator seringkali sulit dihubungi oleh pelanggan.
OPPORTUNITY (PELUANG)
THREAT (ANCAMAN)

· Jaminan kesejahteraan dapat membuat karyawan setia terhadap perusahaan.

· Pendaftaran tenaga kerja online dapat menjaring tenaga ahli di berbagai wilayah.

· Adanya promosi terhadap karyawan sehingga dapat keluar dan bekerja di perusahaan lain.

· Jumlah penduduk Indonesia yang besar dan masih sedikit yang memiliki akses broadband internet merupakan peluang yang baik bagi pertumbuhan perusahaan.
     
· Adanya AFTA membuat perusahaan asing menjadi sebuah gangguan terhadap stabilitas perusahaan dalam mencari kebutuhan karyawan.

· Adanya perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sama dari perusahaan dalam negeri maupun perusahaan asing menjadikan persaingan semakin ketat.

· Kebocoran pendapatan oleh karyawan pada level transaksi.



Hal-hal yang Harus Dipersiapkan oleh Para Karyawan PT. HUTCHISON Menghadapi AFTA 2015

  1. Pendidikan mental dan moral, untuk mempersiapkan kinerja yang jujur dan tidak curang, serta siap mental untuk mengelola dana dalam jumlah banyak maupun sedikit.
  2. Menanamkan sejak dini gerakan cinta dan beli produk Indonesia. Sebuah gerakan yang bertujuan untuk menggugah rasa bangga sekaligus mendorong para karyawan dalam menghargai, mencintai dan menggunakan produk maupun jasa dalam negeri.
  3. Memperbanyak relasi atau teman. Dengan memiliki teman sebanyak mungkin baik itu di dunia maya maupun nyata, akan lebih mudah untuk mendapatkan informasi mengenai pekerjaan yang sedang digeluti.
  4. Mencari inspirasi sebanyak mungkin. Bisa dengan berdiskusi, membaca, mendengarkan radio, melihat film maupun memperhatikan hal-hal yang ada di sekitar kita.
  5. Mengikuti seminar dan pelatihan, hal ini diharapkan dapat melatih keterampilan dan kreatifitas.

Simpulan dan Saran

A. SIMPULAN

Adanya AFTA dapat memberikan peluang yang besar dalam menjangkau pemasaran yang luas. Namun persaingan yang luas dapat menjadi ancaman bagi eksistensi perusahaan. Perusahaan harus memperhatikan kualitas Sumber Daya Manusia yang dimiliki dan meningkatkan pelayanan terhadap publik. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat bersaing di dalam negeri maupun ditingkat luar negeri.

B. SARAN

Kita harus mempersiapkan segala sesuatu semaksimal mungkin untuk menghadapi AFTA 2015, karena kita akan bersaing ketat dengan tenaga ahli dari berbagai negara. Hal yang dapat kita lakukan adalah dengan membekali diri dengan kompetensi/keahlian yang bisa kita dapat melalui pendidikan. Untuk mematangkan keahlian kita dapat mengikuti kursus atau pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan. Hal yang utama adalah mempelajari bahasa asing seperti bahasa Inggris atau setidaknya bahasa negara yang menjadi target kita bekerja. Sehingga AFTA 2015 menjadi peluang yang besar bagi jenjang karir kita.



Baca juga yang ini:

2 komentar on AFTA 2015: Analisis SWOT Karyawan PT. HUTCHISON INDONESIA :

Mobile App Developers mengatakan... Selasa, 27 Oktober 2015 pukul 13.18.00 WIB

What you're saying is completely true. I know that everybody must say the same thing, but I just think that you put it in a way that everyone can understand. I'm sure you'll reach so many people with what you've got to say.

App Development Bangalore mengatakan... Jumat, 06 Januari 2017 pukul 23.28.00 WIB

I hope you will keep in submitting new articles or blog posts & thank you for sharing your great experience among us.

Berkomentarlah yang bijak tanpa Spam!

Silahkan berkomentar untuk menyampaikan kritik, saran, atau hanya sekedar blogwalking di blog saya..